Selasa, 27 November 2012

Tutorial Membuat Doraemon dengan Blender



-       Kepala
Untuk membuat Doraemon ini pertama-tama yang harus dilakukan adalah membuat kepalanya. Yang digunakan adalah bentuk UV Sphere. Setelah diadd uvspherenya besarnya disesuaikan dengan perintah shape.

-       Kalung
Selanjutnya dibuat kalungnya juga dengan menggunakan UV Sphere kemudian dishape terhadap sumbu y sehingga menipis. Lalu sesuaikan besarnya dengan shape  kemudian letakkan kalungnya di bawah kepala yang sudah dibuat tadi. Kelebihan dari bentuk kepala dapat dipotong dengan menyeleksi bagian yang lebih kemudian di delete dengan mode faces

-       Badan
Untuk membuat badan digunakan UV Sphere. Sesuaikan bentuknya dengan shape. Ukurannya dibuat lebih kecil dari kepalanya. Kemudian ditempelkan setengah badannya ke kepala.

-       Kaki
Untuk membuat kaki yang digunakan adalah bentuk cylinder. Setelah diadd cylindernya besarnya disesuaikan dengan shape  kemudian panjangnya disesuaikan dengan shape berdasarkan sumbu y. Lebarnya pun disesuaikan berdasarkan sumbu z. Setelah itu cylinder dimasukkan ke badan. Untuk membuat telapak kakinya digunakan bentuk UV Sphere, besarnya disesuaikan dengan shape kemudian ditipiskan bentuknya dengan shape berdasarkan sumbu y. Setelah itu ditempelkan ke cylinder yang sebelumnya telah dibuat. Untuk membuat kaki sebelahnya, select cylinder dan telapak kakinya kemudian copy dengan menekan shift+d kemudian tekan mouse 3 untuk menggesernya sesuai sumbu x. letakan di posisi yang sesuai

-       Lengan & Tangan
Untuk membuat lengan, digunakan bentuk cube. Disesuaikan besarnya dengan shape kemudian letakkan cubenya di dalam badan untuk ditarik menjadi lengan. Lalu bagian luar cube diselect kemudian ditarik dengan extrude ke arah luar badan. Setelah diextrude kemudian dishape sehingga bentuknya akan mengecil.kemudian tekan ctrl+3 untuk memodifier bentuk dari shape yang kotak menjadi seperti lengan. Untuk membuat lengannya digunakan bentuk UV Sphere kemudian disesuaikan besarnya lalu ditempelkan di ujung lengan yang sebelumnya dibuat. Untuk membuat tangan yg 1 lagi select tangan yang sudah dibuat sebelumnya kemudian tekan shift+d untuk mengcopynya kemudian geser dan tempelkan ke sisi lain badan kemudian rotate supaya tangannya menghadap ke atas.

-       Mata
Untuk membuat mata digunakan bentuk UV Sphere kemudian didseusaikan besarnya dan ditipiskan dengan shape berdasarkan sumbu z. Setelah itu ditempelkan ke kepala kemudian dicopy dengan menekan shift+d lalu ditekan mouse 3 untuk menggersernya ke posisi mata sebelahnya.

-       Hidung
Untuk membuat hidung digunakan UV Sphere. Disesuaikan besarnya lalu ditempelkan di bawah antara mata

-       Lonceng
Untuk membuat loncengnya digunakan UV Sphere kemudian disesuaikan bentuknya lalu ditempelkan ke bagian tengah kalung. Setelah itu di select bagian tengah kalungnya kemudian dishape sehingga bentuknya akan sedikit mengecil di tengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar