Kamis, 01 Desember 2011

Perkembangan Teknologi Universitas Gunadarma

Dukungan infrastruktur yang modern memungkinkan Universitas Gunadarma menerapkan sistem one-stop services.

SALAH satu perguruan tinggi swasta (PTS) yang saat ini menatap jajaran perguruan elite dunia adalah Universitas Gunadarma (UG). Kampus yang mengedepankan basis kema-juan teknologi informasi itu melesat bersama empat perguruan tinggi negeri (PTN) lainnya.

Tengok saja, prestasi pada awal Juli 2010 diukir UG dalam pemeringkatan versi lembaga 4 International Colleges and Universities (41CU). UG bisa menembus posisi lima terbaik tingkat nasional dari 148 pergu-ruan tinggi di Indonesia.

Di atas UG berturut-turut pada posisi pertama ialah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS). Prestasi itu juga mencatatkan UG sebagai perguruan tinggi swasta terbaik nasional.

Lembaga 4ICU melakukan pemeringkatan terhadap 10 ribu perguruan tinggi yang ada di 200 negara. Untuk meng-ukur tingkat popularitasnya di dunia maya, 4ICU memakai tiga parameter, yakni Google Pagerank, inbound link Yahoo, dan -web traffic Alexa. Peringkat itu dirilis 4ICU untuk menggambarkan popularitas sebuah situs perguruan tinggi di dunia maya yang ditentukan tingkat kekayaan produk akademik dan kontribusinya dari perguruan tinggi terkait.

Prestasi UG tidak hanya pada versi 41CU. Pada akhir Juli 2010, UG lagi-lagi men-catatkan sebagai perguruan tinggi swasta terbaik tingkat nasional melalui pemeringkatan versi Webometrics. Bersama dengan tiga PTN lainnya, mereka mencatatkan diri sebagai 100 perguruan tinggi terbaik tingkat Asia.

Jika dilihat dari 18 ribu perguruan tinggi di 100 negara versi Webometrics, ada 6 PTN dan PTS yang masuk jajaran 1.200 perguruan tinggi mendunia. Mereka yakni ITB (569), UGM (611), UI (789), Universitas Gunadarma (813), Universitas Kristen Petra (1.117), dan IPB (1.127).

Pemeringkatan versi Wtbo-metrics sendiri memeringkatkan perguruan tinggi atas dasar keunggulan dalam publikasi elektronik (e-publication) yang terdapat dalam domain web setiap perguruan tinggi.. Bahkan, berbagai inovasi telah dilakukan UG sebagai komitmen itu, di antaranya lokasi kampus yang terhubung dengan jaringan fiber optics dengan koneksi internet sebesar 32 MB.

Dukungan infrastruktur yang modern tersebut memungkinkan UG menerapkan sistem one-stop services, mulai dari penerimaan mahasiswa baru hingga pada pengelolaan alumni, dengan koneksi router dan teknologi wifi (Gunadarma Hot Zone) di seluruh kampus.

Seminar berkala

Tidak hanya itu, UG juga mendukung kemajuan teknologi melalui seminar berkala.. Sebut saja Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen untuk menyebarluaskan hasil penelitian peneliti pada bidang teknologi informasi dan Seminar miah Nasional Bi-dang Sosial untuk mengimplementasikan hasil penelitian peneliti dan pemerhati ilmu sosial.

Kemudian, dari sisi penerapan iptek yang berbasis teknologi informasi komunikasi, UG juga menerjemahkan secara teknis dan operasional dalam pemanfaatan management mfitrmation system (MIS) Gunadarma. "Ke-majuan teknologi ini tentunya memudahkan mahasiswa UG yang kini jumlahnya 22.069 mahasiswa aktif program diploma, strata satu, magister, dan doktor," ungkap Margianri.

Meski kini sudah menjadi PTS yang mendunia, bagi Mar-gianti, tidak lantas UG mengabaikan pemeliharaan mutu. Baginya, apa yang dicapai saat ini memang sebagai bentuk kerja keras UG yang sudah dirintis sejak 3 April 1996 ketik.i STM IK dan STIE Gunadarma melebur menjadi Universitas Gunadarma.

Untuk itu, UG mempertahankan mutu tersebut dengan melengkapi fasilitas kampus seperti perpustakaan, laboratorium, serta komputerisasi sistem akademik. Kemudian, ada pula kegiatan kemahasiswaan, kerja sama dengan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri, pemberian beasiswa, serta pengembangan sumber daya tenaga pengajar yang konsisten.

Dengan mempertahankan mutu, tentunya target UG tidak hanya menjadi perguruan tinggi yang mendunia. Lebih dari itu, UG dapat mempersiapkan lulusannya bersaing di dunia kerja, serta mengimplementasikan visi UG pada 2012 guna menuju perguruan tinggi berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkemuka.

Sumber : media indonesia

1 komentar:

  1. maaf ya teman, mau kasih masukan nih sekarang kita udah masuk ke pembelajaran mata kuliah softskill sebaiknya blog anda disisipkan link Universitas Gunadrma yaitu gunadarma.ac.id guna sebagai identitas kita sebagai mahasiswa gunadarma dan juga salah satu kriteria penilaian mata kuliah softskill..terima kasih

    BalasHapus