Selasa, 27 November 2012

Pengembangan Grafis dan Pemodelan serta Pengaruhnya

Saat ini Perkembangan Desain Grafis berkembang sangat pesat di era Globalisasi ini, dan sekarang saya ingin membahas mengenai Apa pengaruh dari perkembangan desain dan pemodelan grafis terhadap perubahan teknologi. 

Beberapa tahun belakangan Desain dan Pemodelan Grafis berkembang sangat cepat, banyak karya yang tercipta dari kreator-kreator handal di seluruh dunia. kita pun bisa belajar tentang Desain dan Pemodelan Grafis tanpa harus memasuki dunia pendidikan tinggi, dengan modal kemaun yang tinggi pun kita bisa belajar desain grafis tingkat dewa haha. kita mengenal sebuah jaringan luas yang saling terhubung dan bisa kita akses untuk mendapatkan banyak informasi ya itu adalah Internet. Di dalam jaringan internet kita bisa mengakses tentang apa itu Desain Grafis, Pemodelan Grafis dll. Banyak Tutorial yang bisa kita pelajari yang di share oleh para master yang baik hati membagi ilmunya. Dan kita bisa berkarya tanpa batas apapun.

 Perkembangan desain dan pemodelan grafis di berbagai media

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).

Desainer grafis menata tampilan huruf dan ruang komposisi untuk menciptakan sebuah
rancangan yang efektif dan komunikatif. Desain grafis melingkupi segala bidang yang
membutuhkan penerjemahan bahasa verbal menjadi perancangan secara visual terhadap teks
dan gambar pada berbagai media publikasi guna menyampaikan pesan-pesan kepada komunikan seefektif mungkin.

Batasan Media
Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.
Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.


Sejarah Desain Grafis
  1. Awalnya desan grafis telah ditemukan sekitar 15.000 – 1000 sebelum masehi. Dimana orang-orang roma telah menggunakan gambaran diatas dinding gua senagai bahasa virtual.
  2. Kemudian pada tahun 1880, New York Daily Graphic banyak menggunakan elemen grafik yaitu dengan memasukkan elemen fotografi.
  3. Pada tahun yang sama , poster ilustrasi berwarna dihasilkan dan dilekatkan disekitar Bandar di amerika dan eropa.
  4. Pada tahun 1930 hingga 1930, kumpulan avant grade telah memperkenalkan istilah art nouveu yang mempelopori seni huruf.
  5. Antara pereka grafik yang terkenal dalam kumpulan avant grade ialah hendri de Toulouse-lautrece (1864-1901), peter Behrens (1869 – 1940), jules cheret (1836 – 1932).
Pengaruhnya Terhadap Teknologi Saat Ini:

       Terdapat pengaruh teknologi pada berkembangnya suatu desain pemodelan grafis, Teknologi digunakan sebagai sumber pemikiran untuk mengambangkan suatu desain grafis.Tentu saja dengan adanya desain grafis dan penerapannya dalam bidang teknologi terus mengalami perkembangan dari segi desain fisik maupun tampilan yang digunakan. contoh nya:
  • Desain handphone, teknologi juga memiliki andil yang cukup besar untuk perkembangan desain grafis. Dari zaman ke zaman sangat berkembang pesat dan modelnya  semakin menarik serta kemampuan oprasionalnya. ini semua tidak terlepas dari desain grafik. dimulai dari rancangan fisiknya kemudian osnya belum lagi game-game.
Dengan semakin majunya teknologi maka semakin mudah kita untuk menciptakan karya desain grafis
dengan waktu yang singkat kita dapat menghasilkan banyak desin grafis sehingga lebih efisien.


sumber: 

http://www.ahlidesain.com/pengertian-desain-grafis.html
http://alpinthor.wordpress.com/2011/10/19/seputar-desain-pemodelan-grafis/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar