Kamis, 14 Oktober 2010

Pengaruh Budaya Barat terhadap Masyarakat

Sudah sekian lama Indonesia merdeka, Indonesia telah berkembang pesat membentuk pribadi bangsa sendiri. Tentunya perkembangan tersebut telah dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya pengaruh budaya-budaya barat yang masuk pada masyarakat Indonesia.

Budaya barat dapat masuk ke Indonesia dengan berbagai cara, seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, budaya barat meresap dalam masyarakat dan mempengaruhi budaya bangsa. Lama-kelamaan kehadiran budaya barat seakan mendominasi dan selalu menjadi trend centre bagi masyarakat. Budaya barat dianggap ciri khas keMODERNan, padahal belum tentu sesuai dengan kebutuhan dan situasi masyarakat di sini. Budaya barat yang tidak sesuai sebenarnya tidak perlu diserap oleh masyarakat, namun karena budaya barat dianggap MODERN, masyarakat tetap menyerapnya sehingga menimbulkan efek negatif kepada budaya kita.

Efek negatifnya sangat terasa pada remaja-remaja saat ini. Dengan kenakalan remaja saat ini yang berkiblat pada budaya barat rasa-rasanya telah menurunkan nilai moral pada masyarakat kita. Nilai-nilai tradisional pun seakan tenggelam dengan ciri khas kemodernan barat.

Untuk itu marilah mengatasi efek-efek negatif dari budaya barat tersebut. Dibutuhkan dukungan pemerintah, tokoh masyarakat dan tentunya masyarakat itu sendiri untuk mengontrol nilai-nilai yang boleh masuk atau tidak kepada budaya kita agar budaya kita tetap berada pada nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar